10 Pertanyaan Mendasar Sebelum Anda Membeli Bisnis Franchise (Bag-5)

Pemahaman tentang lokasi. 

Pertanyaan ke 5 adalah hal yang harus ditanyakan sebelum anda membeli bisnis franchise. Besaran lokasi yang anda miliki atau yang akan anda cari menentukan bisnis franchise apa yang akan anda beli. Kebanyakan dari anda sudah memiliki investasi berupa properti baik dalam bentuk ruko,apartment, ruma tinggal maupun tanah sekalipun. Anda perlu lebih banyak berhitung kembali apabila anda berniat ‘kontrak’ properti untuk menjalankan bisnis franchise anda.
Bagi anda yang sudah mempunyai atau memiliki properti sendiri untuk menjalankan bisnis lebih mudah memilih bisnis franchise apa saja yang cocok untuk ukuran,letak dan posisi properti anda. Dan untuk anda yang belum mempunyai lokasi untuk bisnis franchise anda, saya sarankan anda berkonsultasi bersama dengan Master Franchisor bisnis yang akan anda pilih.  Tentu keduanya akan sangat bijaksana dilakukan survey sesuai dengan prosedur standard dari setiap bisnis franchise.
Setiap bisnis franchise sangat memiliki keunikan tersendiri dalam pemilihan lokasi. Ramainya lokasi bukan jaminan bisnis franchise anda selalu berhasil. Dari pengalaman mendampingi beberapa bisnis franchise tidak sedikit dari mereka mengalami penurunan atau bahkan sepi pembeli meskipun lokasi tersebut terbilang sangat ramai pengunjung. Dan yang membuat ‘sakitnya tuh disini’ adalah bisnis sejenisnya disamping anda malah lebih ramai.





Pemahaman tentang pemilihan lokasi ini sangat membutuhkan dukungan dari Master Franchisor karena mereka telah melakukan ‘research’sebelumnya sehingga bisnis franchise ini bisa berjalan sesuai dengan sistem yang sudah dibuat. Pernah anda mendengar atau mengetahui sendiri misalnya ada sebuah rumah makan yang secara lokasi tidak strategis sama sekali tetapi banyak dicari orang dan sampai sekarang masih saja ramai. Sebut saja di beberapa kota di Indonesia seperti di Solo ada tempat ‘wedangan’ atau seperti kafe yang tempatnya harus blusukan baru bisa menemui tempat tersebut. Tetapi tempat itu sangat ramai dikunjungi pelanggan dari segala lapisan usia. Kenyataan ini menjadi salah satu pembuktian bahwa ramainya lokasi tidak selalu akan membuat bisnis franchise kita berjalan sesuai dengan harapan.

Pemilihan lokasi ini juga tergantung dari bisnis franchise apa yang akan anda pilih. Tidak semua bisnis franchise memerlukan lokasi yang ramai dengan lalu lalang orang tetapi tidak sesuai dengan target bisnisnya. Saran saya memilih lokasi harus melihat dari target dan segment pasar yang menjadi potensial pembeli dan pelanggan anda. Perhatikan juga pola kebiasaan pada jam dan hari tertentu dimana calon pembeli anda akan mendatangi bisnis anda. Satu lagi adalah jangan lupa membuat promosi lokal dengan flyer,iklan di media dan ikut expo di lingkungan sekitar bisnis sehingga semua orang tahu keberadaan bisnis anda.